Selasa, 12 April 2011

Perkembangan Sistem Informasi Masa Kini

Rancangan pengembangan sistem informasi

    Sebuah universitas perlu mengembangkan sistem informasi melalui pusat teknologi informasi (IT center). Pengembangan sistem informasi ini dilakukan untuk mendukung dan memudahkan pertukaran informasi, terutama untuk keperluan akademik. Pengembangan sistem informasi ini dilakukan dengan mempertimbangkan kepentingan di masa sekarang maupun yang akan datang. Rencana pembangunan sistem informasi perlu dirancang untuk tahun kedepan . Pembangunan sistem informasi diikuti dengan pengembangan teknologi pendukungnya. Rencana pengembangan ini dapat dilihat pada lampiran.

Dalam pengembangan sistem informasi, dilakukan pembangunan jaringan intranet antar unit . Tersedianya jaringan internet akan memudahkan dan mempercepat pertukaran informasi antar unit/bagian. Selain itu, diharapkan penggunaan kertas yang selama ini menjadi media utama dalam pertukaran informasi dapat dikurangi. Tersedianya jaringan internet ini mendukung pengembangan wawasan dosen, mahasiswa, maupun program studi.

Kecukupan dan kesesuaian sumber daya, sarana dan prasarana pendukung untuk pemberdayaan sistem informasi

Dengan fasilitas yang tersedia dapat dibandingkan jumlah dosen, mahasiswa dan karyawan di program studi, sarana dan prasarana pendukung untuk pemberdayaan sistem informasi sangat memadai. Hal ini dapat ditunjukkan sebagai berikut :

a. Setiap dosen tetap dilengkapi seperangkat komputer dengan jaringan internet.
b. Laboratorium dengan komputer yang sebagian dilengkapi dengan jaringan internet.
c. Tersedia ruang asisten/mahasiswa dengan beberapa komputer yang sebagian dilengkapi dengan jaringan internet.
3. Efisiensi dan efektivitas pemanfaatan sistem informasi
Sistem informasi yang tersedia cukup mendukung kebutuhan, baik untuk kegiatan program studi/universitas maupun mahasiswa. Sistem informasi dan peralatan yang memadai memberikan dukungan penting bagi kegiatan operasional dan pengembangan program studi dan mahasiswa.
4. Keberadaan dan pemanfaatan on-campus connectivity (intranet)

Dalam pengembangan sistem informasi, dilakukan pembangunan jaringan intranet antar unit/bagian di lingkungan universitas . Tersedianya jaringan intranet akan memudahkan dan mempercepat pertukaran informasi antar unit/bagian. Selain itu, diharapkan pnggunaan kertas dalam pertukaran informasi dapat dikurangi.
5. Keberadaan dan pemenfaatan global connectivity (internet)
Dalam pengembangan sistem informasi tersebut, juga dilakukan pembangunan jaringan internet. Tersedianya jaringan internet ini mendukung pengembangan wawasan dosen dan mahasiswa. Selain itu, program studi maupun unit-unit lain di universitas juga bisa mengakses berbagai informasi untuk kegiatan pengembangan

.
iperlukan juga kajian mengenai analisis terhadap kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam komponen sistem informasi .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar