Sabtu, 24 November 2012

Laporan Dipo ke KPK (BI SS 2012)

Laporan Dipo ke KPK Jangan Membuat Kabinet Tak Harmonis


Sekretariat Kabinet (Seskab) Dipo Alam telah melaporkan tiga kementerian dan oknum anggota DPR yang diduganya terlibat praktek kongkalikong proyek kepada KPK. Komisi III DPR-RI berharap pelaporan tersebut tidak membuat suasana kerja dalam Kabinet Indonesia Bersatu II menjelang Pemilu 2014 tidak harmonis.

"Seskab sebagai ketua kelas, menurut saya bagus untuk mengungkap soal penyimpangan. Tujuan dan niatnya baik, tapi jangan sampai mengganggu kabinet," kata Ketua Komisi III DPR Gede Pasek Suardika di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (19/11/2012).

Di dalam konteks niat baik mengungkapkan tindak penyimpangan kepada KPK, maka akan lebih baik hasilnya bila dilaksanakan tanpa membuat suasana kerja di internal KIB II menjadi tidak harmonis. Demikian juga hubungan kerja antara tiga kementerian bersangkutan dengan komisi DPR yang terkait, agar tidak sekedar menjadi politik hiruk pikuk.

Tindakan melaporkan langsung kepada KPK, menurutnya harus ditiru Menteri BUMN Dahlan Iskan. Namun langkah Dahlan Iskan yang sejauh ini lebih memilih menyampaikan laporannya kepada BK DPR juga patut dihargai sebab niatnya juga mengungkapkan terjadinya praktek tercela terhadap asset negara. Meski tidak menutup kemungkinan aksi-aksi pengungkapan tersebut ada kaitannya dengan target-target Pemilu dan Pilpres 2014.

"Ini kan menjelang 2014, perlu pemanasan. Apapun itu harus kita dukung positif, karena semua berlomba memberantas kejahatan atau korupsi ya kita dukung. Tapi yang penting jangan berdampak pada disharmonisasi kabinet," ujar politisi Partai Demokrat itu.



REFERENSI :
  1. http://news.detik.com/read/2012/11/19/151719/2094543/10/laporan-dipo-ke-kpk-jangan-membuat-kabinet-tak-harmonis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar