Sabtu, 06 Oktober 2012

Hubungan Interaksi Manusia dan Komputer dalam Film Wall.E

Pada era perkembangan teknologi yang semakin maju pada saat ini, tidak terlepas dari hubungan antara interaksi manusia dan komputer. Hubungan interaksi ini seperti hubungan jarak jauh yang dilakukan oleh seseorang dengan menggunakan alat teknologi berupa telepon, fax, e-mail, dan lain - lain. Perkembangan ini lebih terlihat dalam penggunaan komputer karena banyak aktivitas yang melibatkan komputer di antaranya pekerjaan di kantor, sekolah, rumah sakit dan di kampus. Jadi semua yang melibatkaan komputer disebut Interaksi Manusia dan Komputer (IMK).

Pengertian Interaksi Manusia dan Komputer adalah sebuah hubungan antara manusia dan komputer yang mempunyai karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan sebuah sistem yang bertopengkan sebuah antarmuka (interface). Interaksi bisa dikatakan dialog antara user dan komputer contoh : Command line Interface, Menu, Natural language,Question/answer and query dialogue, Form-fills and spreadsheets dan WIMP. Salah satu contoh hubungan Interaksi Manusia dan Komputer dapat kita ambil dari film Wall.E.

Dikisahkan dalam film Wall.E terdapat sebuah robot yang tinggal di bumi untuk mengolah sampah menjadi tumpukan yang banyak dalam bentuk kotak. Pada zaman itu manusia sudah meninggalkan bumi karena manusia tidak bisa hidup penuh dengan sampah bahkan tumbuhan pun jarang bisa tumbuh. Lalu selama 5 tahun manusia tinggal di sebuah pesawat yang bernama AXIOM. 

Robot yang bernama Wall itu mempunyai teman kecil kecoa yang sering mengikutinya dalam mengerjakan tugas. Setiap hari Wall.E mengepak sampah menjadi kotak dan di susun rapi dengan di temani seekor kecoa. Wall.E sering mencari barang-barang yang menarik lalu di simpan dalam rumahnya. Pada suatu hari Wall.E menemukan bibit tumbuhan yang hidup, lalu menanamkannya di sepatu usang.


Pesawat AXIOM 

Suatu hari datang sebuah robot perempuan bernama EVE yang di kirim ke bumi untuk mencari tanda-tanda kehidupan. Wall.E jatuh cinta pada pandangan pertama, EVE juga menyukai kepribadian Wall.E. Lalu Wall.E menunjukkan bibit tanaman yang dia temukan pada saat bekerja, tiba-tiba bibit itu di ambil EVE dan di masukan ke dalam tubuhnya kemudian EVE terdiam. Setiap hari Wall.E terus memperhatikan EVE sampai suatu hari pesawat AXIOM membawa EVE masuk ke dalam pesawat. Akhirnya Wall.E juga masuk ke dalam pesawat AXIOM itu.


Manusia yang tinggal di pesawat AXIOM

Di dalam pesawat AXIOM terdapat pilot yang bernama Kapten B. McCrea dan memerintah tugas pada sistem autopilot yang bernama AUTO. EVE di bawa ke tempat Kapten B. McCrea dalam keadaan mati lalu di hidupkan, kemudian EVE memberikan bibit tumbuhan yang di temukan Wall.E di bumi. Pada akhirnya Kapten B. McCrea sadar bahwa manusia masih bisa hidup di bumi lalu AUTO tidak ingin mengikuti perintah yang di berikan Kapten B. McCrea. Kapten B. McCrea berusaha berdiri dan berjalan untuk mengalahkan AUTO agar dapat mengendalikan AUTO. Dan akhirnya Kapten McCrea berhasil membuat AUTO mati dan membuat pesawat dalam posisi semula. Kemudian manusia yang tinggal di AXIOM turun ke bumi dan segera menanamkan bibit tumbuhan ke tanah. Kehidupan manusia menjadi aman dan damai di bumi yang penuh dengan tumbuhan.


Kesimpulan dari Interaksi Manusia dan Komputer dalam Film Wall.E :

Teknologi yang semakin berkembang membuat manusia tidak bisa meninggalkan teknologi yang telah maju saat ini, karena teknologi sangat membantu manusia dalam hal pekerjaan yang sulit. Maka dari itu teknologi yang kita pakai harus di manfaatkan dengan baik dan benar. contohnya dalam film Wall.E sewaktu EVE mencari barang dengan sinar biru seperti barcode yang sering kita pakai dalam membeli barang di mall.Selain itu ada juga penggunaan chip pada Wall.E yang hampir sama fungsinya dengan Teknologi komputer sekarang. 
      
Robot EVE
Kesimpulan dari film Wall.E ini bahwa manusia dan teknologi mempunyai karakteristik tertentu dan mempunyai tujuan tertentu. Di mana kinerja dari teknologi komputer berguna membantu pekerjaan manusia agar lebih cepat dan praktis maka dari itu teknologi tidak bisa terlepas dari kehidupan manusia.
      


Sumber :

  1. http://inseptika.files.wordpress.com/2010/07/interaksi-manusia-dan-komputer1.pdf ( Oct 06 20:44:22 2012 )
  2. http://id.wikipedia.org/wiki/WALL%E2%80%A2E

Tidak ada komentar:

Posting Komentar